Kamis, 24 Januari 2008

PENDIDIKAN SEBAGAI PROSES MENEJEMEN

Pendekatan system dibagi menjadi 2

  1. Prakiraan kebutuhan
  2. Pemecahan masalah

Kedua pendekatan ini kemudian nantinya akan diintegrasikan ke dalam sebuah pendekatan system yang digunakan sebagai dasar untuk melakukan sebuah perencanaan pendidikan.

Pendidikan suatu proses : yaitu untuk memberikan kepada peserta didik:

- ketrampilan;

- pengetahuan

- kecakapan

- sikap

agar nantinya mereka bisa survive dan menghasilkan sebuah karya di masyarakat mereka tinggal setelah meninggalkan institusi pendidikan formal.

Outputnya diharapkan minimal dapat meningkatkan ketrampilan, informasi, percaya diri, mandiri dan bagaimana bersikap dalam kehidupannya. Karena setiap manusia harus mampu bertahan hidup serta dapat meningkatkan (mengeksplore) dirinya untuk diri sendiri dan lingkungannya.

Hal tersebut merupakan hal yang mendasar yang harus dipahami oleh para perencana pendidikan, ahli kurikulum dsb, sehingga dalam membuat suatu perencanaan bahkan regulasi pendidikan dapat membuahkan sebuah hasil yang sangat diharapkan.

Tugas dari seorang manager pendidikan adalah merencanakan, menyusun serta melaksanakan sistem belajar yang efisien dan efektif guna mengatasi permasalahan pendidikan. Tidak itu saja tetapi juga bertanggung jawab kepada masyarakat terhadap hasil pelaksanaan pendidikan yang telah dilakukan serta melakukan evaluasi guna revisi / penyempurnaan kembali.

Tidak ada komentar: